6 Perbedaan Nintendo Switch Vs Nintendo Switch Lite

Setelah meluncurkan Nintendo Switch ke pasaran kurang lebih 2 tahun, Nintendo kembali memperkenalkan varian terbaru dari Switch yang bernama Nintedo Switch Lite. Nintendo mulai memperkenalkan versi lite ke pasaran sejak bulan September 2019. Lalu antara Nintendo Switch dan Nintendo Switch Lite itu bedanya apa? 

Berikut dibawah ini 6 perbedaan Nintendo Switch vs Lite yang perlu diketahui, diantaranya yaitu : 

  • Harga Nintedo Switch Lite Lebih Murah Dari Versi Lama

Nintendo Switch Lite dihadirkan bagi konsumen yang ingin membeli Nintendo Switch tetapi budget yang dimiliki terbatas. Konsol game portabel yang ramah di kantong ini hanya dijual dengan harga $ 199 atau sekitar Rp. 2,8 juta. Tentu harga ini lebih murah dari harga Nintendo Switch yang dijual sekitar $ 299 atau sekitar Rp. 4 jutaan. Tetapi karena harganya lebih murah tentunya ada beberapa fitur yang tidak bisa ditemukan pada versi pendahulunya. 

  • Nintendo Switch Lite Lebih Kecil Dan Ringan Dari Versi Lama

Perbedaan yang paling mencolok dari Nintendo Switch dan Nintendo Switch Lite adalah ukurannya. Ukuran Nintendo Switch Lite lebih kecil dari versi orisinilnya. Nintendo Switch memiliki ukuran lebar 9.4 inci, tinggi 4 inci, dan tebal 0.55 inci. Sedangkan, Nintendo Switch Lite hanya memiliki lebar 8.2 inci, tinggi  3.6 inci, dan tebal 0.55 inci. Karena ukuran Nintendo Switch Lite lebih kecil sehingga membuat bobotnya juga lebih ringan. Versi Lite hanya memiliki berat 270 g, ini lebih ringan dari vesi orisinil yang memiliki berat 400 g. 

  • Ukuran Layar Nintendo Switch Lite Lebih Kecil Dari Versi Lama

Nintendo Switch versi orisinal memiliki layar seluas  6.2 inci. Sedangkan versi Lite menggunakan layar lebih kecil yaitu 5.5 inci. Kedua konsol game portabel tersebut sama sama memiliki resolusi layar HD 1280 x 720 piksel. Kedus perangkat tersebut juga sama sama menggunakan panel layar sentuh LCD. Jika dilihat sekilas memang ukuran layaran Nintendo Switch Lite lebih mirip seperti layar smartphone pada umumnya. 

  • Nintendo Switch Lite Tidak Memiliki Kontroler Joy ConĀ 

Perbedaan paling signifikan antara Nintendo Switch dan Lite adalah controller dan aksesoris aksesoris pendukungnya. Berbeda dengan versi sebelumnya, Nintendo Switch Lite tidak memiliki kontroler Joy Con. Kontroler game tidak bisa dilepas pasang dan langsung di-attach di perangkat. Karena tidak memiliki Joy Con, maka Nintendo Switch secara otomatis tidak support HD Rumble dan IR Motion Camera. Selain itu dalam pembelian paket tidak bisa didapatkannya Nintendo Switch Dock. Dengan begitu Nintendo Switch Lite tidak bisa dihubungkan ke TV melalui dock atau HDMI. 

  • Mode Pemakaian Nintendo Switch Lite Lebih Terbatas

Nintendo Switch hanya bisa menggunakan mode pemakaian dalam jumlah lebih terbatas, karena tidak memiliki Joy Con. Perangkat ini hanya bisa digunakan dalam mode handheld saja. Tidak seperti versi lama Nintendo Switch yang mampu digunakan dalam 3 mode yaitu Handheld, Tabletop, dan TV Mode. 

  • Kapasitas Baterai Nintendo Switch Lite Lebih Kecil Dari Versi Lama

Kapasitas baterai yang dimiliki Nintendo Switch Lite hanya 3570 mAh, ini lebih kecil dibandingkan dengan versi lama yang sebesar 4310 mAh. Meski kapasitas baterainya lebih kecil, tetapi ini menjadi kelebihan Nintendo Switch Lite yaitu lebih efisien konsumsi dayanya karena ukuran layarnya yang lebih kecil serta tidak mendukung Joy Con yang membutuhkan koneksi wireless. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Menu
Social profiles