Beberapa Ciri Umum Ini Menunjukkan Seseorang Psikopat

8 Tanda Seseorang Memiliki Bakat Psikopat, Wajib Tahu!

Kemungkinannya saat mendengar kata “Psikopat”, kamu akan langsung teringat pada pembunuh berantai yang disaksikan di film film layar lebar. Padahal ternyata ciri ciri psikopat tidak hanya seperti apa yang diceritakan pada film film tersebut. Karena adanya beberapa sikap yang harus kamu waspadai saat berinteraksi dengan orang lain. 

Tetapi kamu harus ingat bahwa kesamaan beberapa sikap saja tidak bisa digolongkan pada psikopat. Hanya dokter jiwa lah yang bisa menentukan apakah seseorang memiliki sifat tersebut atau tidak. Robert Schug, PhD, selaku Neurokriminolog dan psikologi klinik di bidang biologi dan pikiran kriminal berkata, “Lainnya hanyalah memberi spekulasi”. Dia berpendapat bahwa adanya beberapa ciri ciri psikopat, diantaranya yaitu : 

  1. Mudah Bosan

Fase kebosanan kronis akan dialami seorang psikopat dalam hidupnya. Salah satu hipotesa paling umum adalah para psikopat cenderung memiliki titik rangsangan dibawah orang lain. Schug berpendapat, itulah mengapa sebabnya mereka butuh melakukan sebuah hal yang menurut mereka menyenangkan secara terus menerus untuk bisa merasa normal. 

  1. Banyak Berbohong 

Tidak seperti para pembohong patalogis yang tanpa motivasi bahkan terkadang tanpa butuh alasan melakukan perbuatan bohong. Berbeda dengan para psikopat yang pola berbohongnya itu memiliki tujuan. Schug berkata, “Misalnya menipu orang lain agar masuk ke perangkap mereka atau mencapai hubungan emosi tertentu.”

Mereka akan melakukan hal ini untuk mendapatkan promosi di tempat kerja, membangun hubungan, atau mengontrol pasangannya. 

  1. Kurang Realistis

Kebanyakan psikopat lebih memilih hidup pada momentum tertentu, daripada harus melakukan perencanaan masa depan. Meski mereka seringkali memiliki rencana yang tidak realistis untuk terjadi di masa depan. Mereka cenderung tidak sanggup memahami kehidupan nyatanya. 

Schug menjelaskan bahwa saat kita bicara dengan para psikopat di penjara, misalnya, maka kemungkinannya mereka akan mengatakan bercita cita menjadi seorang astronot, ninja, bahkan agen FBI. Schug berujar, “Target mereka seringkali jauh dari situasi saat itu.”

  1. Merasa Unggul

Seorang psikopat cenderung menilai dirinya sendiri lebih baik dari orang lain disekitarnya. Sehingga jangan heran jika mereka seringkali tidak peduli dengan dampak buruk yang terjadi dari aksi mereka. Randall Salekin menjelaskan bahwa dalam konteks pekerjaan, bisa jadi mereka tidak peduli dengan tim dan menolak saran dari orang lain hingga saran tersebut terbukti mampu menolong dirinya sendiri. 

  1. Mudah Marah

Psikopat merupakan seseorang yang memiliki rasa amarah berlebihan. Mereka tidak peduli dengan siapapun atau apapun yang sedang mereka lakukan. Tidak hanya fisik, tetapi mereka juga bisa melakukan agresi verbal secara terus menerus. 

Diluar hubungan, mereka bisa seringkali marah dan terlibat argumentasi. Tetapi seringkali pancaran pesona mereka menutupi sifat amarahnya. 

  1. Implusif Dan Tidak Bertanggungjawab

Hal ini bisa dilihat dari beberapa hal misalnya menarik hubungan dalam risiko, berselingkuh, sembrono terhadap pengelolaan finansial, bahkan menabrak aturan hukum. 

  1. Memiliki Problematika Masa Kecil

Seorang psikopat mengalami mengalami gangguan personal serta seringkali berubah kepribadiannya. Hal ini seringkali terjadi karena pengalaman masa kecil. Sebuah studi yang dipublikasikan di The British Journal of Psychiatry menemukan bahwa hiperaktif serta gangguan tingkah laku spesifik cenderung mengarah secara kuat pada perilaku seorang psikopatik di usia dewasa. 

Selain itu masih ada ciri umum lainnya yang menunjukkan seseorang psikopat seperti terkait dengan perilaku kriminal, tidak tertebak, berhubungan intim secara acak, dan empati yang hilang timbul. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Menu
Social profiles