Cara Mudah Menanam Cabe

Ciri khas makanan Indonesia yang pedas dan kaya bumbu tentunya membuat cabai menjadi salah satu bahan makanan yang mudah ditemu di pasaran. Meski memang harganya sering tidak stabil, namun cabai tetap banyak digemari oleh masyarakat.

Cabai juga dikenal kaya akan kandungan nutrisi yang tinggi. Kandungan yang ada dalam cabai diantaranya adalah vitamin A, B, C, dan E, pottasium, fosfor, kalsium, asam folat, protein, hingga antioksidan.

Uniknya, kandungan vitamin C yang ada di dalam cabai jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan kandungan vitamin C yang ada pada buah jeruk. Cabai juga memiliki manfaat yang baik untuk tubuh, yakni dapat mengurangi terjadinya penggumpalan darah.

Jika Anda memang ingin menanam cabai sendiri di rumah, maka dibutuhkan sekitar 2,5 hingga 3 bulan untuk cabai siap dipanen. Periode tanam cabai akan berlangsung selama 6 bulan atau bahkan bisa lebih.

Tanaman cabai juga memiliki umur hingga 24 bulan. Frekuensi pada masa panen dari cabai ini bisa berlansung sebanyak 15 hingga 18 kali. Anda juga bisa menanam cabe sendiri di rumah dengan beberapa langkah berikut ini.

Bibit Cabai

Dalam menanam cabai agar berhasil, tentunya Anda membutuhkan bibit yang berkualitas. Anda bisa memilih bibit cabe segar dengan mengambil beberapa cabai kemudian mengupas kulitnya dan mengmbil bijinya.

Setelah itu, jemur bibit cabai dibawah sinar matahari hingga benar-benar kering. Namun, jika Anda ingin menanam cabai dalam jumlah banyak, maka Anda bisa membeli bibit cabai di toko.

Menyemai Cabai

Setelah Anda menapatkan bibit cabai terbaik, maka Anda bisa mulai menyemai benihnya. Gunakan polybag dengan ukuran kecil sebagai medi penyemaian. Masukkan tanah beserta pupuk ke dalam polybag, campur dan masukkan bibit cabainya. Kemudian, silahkan Anda  lakukan penyiraman setiap harinya.

Tanam Cabai

Setelah berumur kurang lebih 4 minggu, pindahkan benih cabe di lahan yang sudah disediakan. Jangan lupa juga untuk menggemburkan tanah dengan memberikan pupuk. Namun, Anda perlu berhati-hati dalam proses pemindahan benih ini dari polybag.

Pemupukan Cabai

Selama masa penanaman, tidak hanya air yang harus rutin diberikan, melainkan juga pupuk. Anda bisa menggunakan pupuk kompos agar tanaman Anda menjadi lebih subur.

Perawatan Cabai

Perawatan cabai yang perlu Anda lakukan meliputi penyiraman, pemupukan, hingga pembasmian hama dan tanaman liar. Rutinlah melakukan pengecekan terhadap tanaman cabainya agar jika ada masalah bisa segera ditangani dengan baik.

Panen

Masa panen cabai bisa terjadi sekitar 2,5 hingg 3 bulan setelah penanaman dilaukan. Periode masa panen ini bisa terjadi selama 6 bulan dan akan berlangsung sebanyak 15 hingga 18 kali masa panen.

Nah, jika memang Anda ingin mendapatkan hasil panen yang maksimal, maka tanamlah bibit cabe yang berkulitas terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Menu
Social profiles