Select Page

Tempat Wisata Pulau Alor merupakan salah satu tujuan liburan yang bisa menjadi surganya dunia. Terletak di ujung timur provinsi Nusa Tenggara Timur, Pulau Alor adalah pulau yang menjadi bagian dari gugusan Sunda Kecil dan menyimpan beragam keindahan alam khas Indonesia Timur yang masih belum banyak terjamah oleh orang. Karena tidak seramai tempat-tempat wisata alam seperti di Jawa dan Bali, keindahan Pulau Alor bisa Anda nikmati sendiri dan Anda pun bisa lebih maksimal merasakan suasana harmoni alam yang tidak pernah dirasakan sebelumnya. Untuk mencapai Pulau Alor memang dibutuhkan usaha yang lebih karena biasanya wisatawan harus terbang dulu ke Kupang baru melanjutkan perjalanan ke Pulau Alor. Tapi keindahan tempat wisata Pulau Alor berikut ini dijamin tidak akan membuat perjalanan jauh Anda sia-sia.

Pantai Ling Ai

Pantai Ling Ai adalah salah satu pantai paling populer di Pulau Alor. Meski memiliki embel-embel populer, ia tidak ramai sesak oleh pengunjung sehingga Anda masih bisa liburan menikmati pemandangan pantai yang sangat cantik tanpa harus berdesakan dengan orang lain. Pantai Ling Air memiliki air laut berwarna hijau toska yang memiliki dasar laut dangkal agak luas sehingga wisatawan bisa agak ke tengah untuk main air atau mendapatkan foto yang bagus. Pantai ini memiliki bentuk seperti teluk kecil yang diapit oleh tembok tebing sehingga ombaknya pun tidak besar. Bukitnya pun bisa didaki tidak terlalu tinggi dan Anda bisa melihat pemandangan pantai berpasir putih dari atas.

Pantai Pigewa

Pantai Pigewa adalah salah satu bagian terluar dari wilayah Indonesia di bagian timur dan berhadapan langsung dengan Timor Leste. Seakan memiliki fungsi sebagai gerbang pintu masuk dan keluar dari Indonesia, pantai ini memiliki struktur tebing batu yang bolong di tengahnya sehingga terlihat sebagai pintu gerbang di tengah laut. Pantai pasir putih dengan lautan yang lumayan tenang membuat pantai ini cocok menjadi tempat wisata Pulau Alor yang bisa menenangkan hati dan menjernihkan pikiran ditambah dengan suasananya yang sunyi.

Air Terjun Mataru

Pulau Alor tidak hanya memiliki tempat wisata berupa pantai dan laut melainkan ada juga air terjun yang cukup tinggi dengan debit air yang cukup deras. Air Terjun Mataru adalah air terjun yang memiliki bentuk 6 tingkat dengan debit air yang terus mengalir dan tidak terlalu besar sehingga wisatawan bisa berada lebih dekat di air  terjun untuk merasakan cipratan air yang terasa menyegarkan. Meski akses jalan dan trasnportasinya masih agak susah, tempat wisata Pulau Alor satu ini cukup banyak dikunjungi wisatawan domestik maupun asing.

Mata Air Panas Tuti Adagae

Ada yang unik dari mata air panas satu ini. Di kolamnya terdapat struktur batu yang menjulang ke atas membentuk kerucut seperti rumah semut. Struktur batu ini bisa menyemburkan air panas ke atas karena tekanan dari bawah permukaan bumi. Sumber mata airnya mengalir dari Kali Tuti Adagae di mana di sini terdapat dua titik mata air panas yang bisa dilihat. Yang pertama adalah berupa gelembung air panas yang keluar dari dasar sungai kemudian yang kedua keluar menyembur dari struktur tumpukan batu yang terlihat rapi. Pada sumber mata air panas yang pertama, suhunya terlalu panas sehingga tidak aman digunakan untuk mandi. Sementara di mata air semburan Anda bisa mencuci muka hingga membasuh badan dengan airnya yang hangat.

Taman Laut Pantar

Tempat wisata Pulau Alor menawarkan beberapa tempat yang bisa dijadikan untuk menyelam atau snorkeling , salah satunya adalah Taman Laut Pantar. Jalur perairan di Taman Laut Pantar menjadi titik pertemuan antara perairan Indonesia dengan Australia sehingga menjadi tempat tinggal bagi banyak terumbu karang dan juga biota laut yang lainnya, Anda juga bisa melihat kawanan ikan-ikan yang bermigrasi mencari laut dengan suhu yang lebih hangat.  Di dasar laut biasanya terdapat buba yaitu semacam perangkat tradisional masyarakat Alor untuk menangkap ikan. Tertarik untuk mengunjungi taman laut kebanggaan Indonesia ini?